Tugas
PKN
Nama Kelompok :
1. Chintara Kintary L. (06)
http://chintarak.blogspot.com/
2. Eudita Dea P. (13)
http://deaeudita.blogspot.com/
3. Nanda Aprilia I. (19)
http://nandya24.blogspot.com/
4. Putri Indriati (20)
http://putriindri321.blogspot.com/
XII IPA
2
SMAN 7
KEDIRI
1.
Pancasila
sebagai sumber nilai
Maksudnya adalah segala nilai,
cita hukum yang ada di indonesia bersumber dari pancasila yaitu ketuhanan yme,
kemanusiaan yg adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yg dipimpin
oleh khidmat kebijaksanaan dlm permusyawaratan perwakilan, keadilan sosial bg
seluruh rakyat indonesia.
2.
Bukti bahwa pancasila benar-benar
sebagai sumber niai
a) Nilai
Ketuhanan
Nilai ketuhanan Yang Maha Esa Mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pancipta alam semesta. Dengan nilai ini menyatakan bangsa indonesia merupakan bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis. Nilai ketuhanan juga memilik arti adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antarumat beragama.
Nilai ketuhanan Yang Maha Esa Mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pancipta alam semesta. Dengan nilai ini menyatakan bangsa indonesia merupakan bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis. Nilai ketuhanan juga memilik arti adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antarumat beragama.
b) Nilai Kemanusiaan
Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.
Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.
c) Nilai Persatuan
Nilai persatuan indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia..
Nilai persatuan indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia..
d) Nilai Kerakyatan
Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.
Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.
e) Nilai Keadilan
Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah atauun batiniah. Nilai-nilai dasar itu sifatnya abstrak dan normatif. Karena sifatnya abstrak dan normatif, isinya belum dapat dioperasionalkan. Agar dapat bersifat operasional dan eksplisit, perlu dijabarkan ke dalam nilai instrumental. Contoh nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya. Sebagai nilai dasar, nilai-nilai tersebut menjadi sumber nilai. Artinya, dengan bersumber pada kelima nilai dasar diatas dapat dibuat dan dijabarkan nilai-nilai instrumental penyelenggaraan negara Indonesia.
Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah atauun batiniah. Nilai-nilai dasar itu sifatnya abstrak dan normatif. Karena sifatnya abstrak dan normatif, isinya belum dapat dioperasionalkan. Agar dapat bersifat operasional dan eksplisit, perlu dijabarkan ke dalam nilai instrumental. Contoh nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya. Sebagai nilai dasar, nilai-nilai tersebut menjadi sumber nilai. Artinya, dengan bersumber pada kelima nilai dasar diatas dapat dibuat dan dijabarkan nilai-nilai instrumental penyelenggaraan negara Indonesia.
3.
Pancasila sebagai paradigma
pembangunan
Kata paradigma berasal dari bahasa Inggris “paradigma” yang
berarti model, pola, atau contoh. Paradigma juga berarti suatu gugusan sistem
pemikiran, cara pandang, nilai-nilai, metode-metode, prinsip dasar, atau cara
pemecahan masalah yang dianut suatu masyarakat tertentu. Pancasila adalah
paradigma, sebab Pancasila dijadikan landasan, acuan, metode, nilai, dan tujuan yang
ingin dicapai dalam program pembangunan.
Pancasila sebagai paradigma
pembangunan, artinya Pancasila berisi anggapan-anggapan
dasar yang merupakan kerangka
keyakinan yang
berfungsi sebagai acuan, pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan,
dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan nasional.
Dengan demikian, paradigma sebagai
alat bantu para illmuwan dalam merumuskan apa yang harus dipelajari, apa yang
harus dijawab, bagaimana seharusnya dalam menjawab dan aturan-aturan yang
bagaimana yang harus dijalankan dalam mengetahui persoalan tersebut.Suatu
paradigma mengandung sudut pandang, kerangka acuan yang harus dijalankan oleh
ilmuwan yang mengikuti paradigma tersebut.
4.
Perwujudan pancasila sebagai paradigma pembangunan
Ø
Pancasila
Sebagai Paradigma pembangunan Bidang Politik
·
Mewujudkan tujuan negara demi peningkatan harkat dan
martabat manusia indonesia
·
Memposisikan rakyat Indonesia sebagai subjek dalam
kehidupan politik, bukan hanya sebagai objek politik penguasa semata
·
Sistem politik negara harus mendasarkan pada tuntutan
hak dasar kemanusiaan, sehingga sistem politik negara harus mampu menciptakan
sistem yang menjamin perwujudan hak asai manusia
·
Para penyelenggara negara dan para politisi senantiasa
memegang budi pekerti ke,manusiaan serta memegang teguh cita-cita moral rakyat
Indonesia
·
Tidak
dapat tidak; nilai-nilai keadilan sosial, demokrasi, persatuan, dan kemanusiaan
(keadilan-keberadaban) tersebut bersumber pada nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.
Ø
Pancasila
sebagai Paradigma Pembangunan Bidang Ekonomi
·
Sistem
ekonomi negara senantiasa mendasarkan pada pemikiran untuk mengembangkan
ekonomi atas dasar moralitas kemanusiaan dan ketuhanan
·
Menghindari
pengembangan ekonomi yang mengarah pada sistem monopoli dan persaingan bebas
·
Mengembangkan
sistem ekonomi kerakyatan dan kekeluargaan yang ditujukan untuk mencapai
kesejahteraan rakyat secara luas
Ø Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang sosial budaya
·
Senantiasa
berdasarkan kepada sistem nilai yang sesuai dengan nilai-nilai budaya yang
dimiliki oleh masyarakat indonesia
·
Pembangunan
ditujukan untuk meningkatkan derajat kemerdekaan manusia dan kebebasan
spiritual
·
Menciptakan
sistem sosial budaya yang beradap melaui pendekatan kemanusian secara universal
Ø Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang
pertahanan dan keamanan
·
Pertahanan
dan keamanan negara harus berdasarkan kepada tujuan demi tercapainya
kesejahteraan hidup manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa
·
Pertahanan
dan keamanan negara harus berdasarkan pada tujuan demi tercapainya kepentingan
seluruh warga negara
indonesia
·
Pertahanan
dan keamanan harus mampu menjamin hak asai manusia, persamaan derajat serta
kebebasan kemanusiaan
·
Pertahanan
dan keamanan negara harus dipruntukan demi terwujudnya keadilan dalam kehidupan
masyarakat
·
Adanya
susunan ketatanegaraan negara yang mendasar
5.
Sebutkan pengamalan butir-butir pancasila
A. SILA
KETUHANAN YANG MAHA ESA
1. Percaya dan
Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar
kemanusiaan yang adil dan beradab.
2. Hormat
menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut-penganut
kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
3. Saling
menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan
kepercayaannya.
4. Tidak
memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.
B. SILA
KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
1. Mengakui
persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.
2. Saling
mencintai sesama manusia.
3. Mengembangkan
sikap tenggang rasa.
4. Tidak
semena-mena terhadap orang lain.
5. Menjunjung tinggi
nilai kemanusiaan.
6. Gemar
melakukan kegiatan kemanusiaan.
7. Berani
membela kebenaran dan keadilan.
8. Bangsa
Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia, karena itu
dikembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.
C. SILA
PERSATUAN INDONESIA
1. Menempatkan
kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas
kepentingan pribadi atau golongan.
2. Rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
3. Cinta Tanah
Air dan Bangsa.
4. Bangga
sebagai Bangsa Indonesia dan ber-Tanah Air Indonesia.
5. Memajukan
pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.
D.SILA
KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN /
PERWAKILAN
1. Mengutamakan
kepentingan negara dan masyarakat.
2. Tidak
memaksakan kehendak kepada orang lain.
3. Mengutamakan
musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
4. Musyawarah
untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.
5. Dengan
itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.
6. Musyawarah
dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
7. Keputusan
yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang
Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai
kebenaran dan keadilan.
E. SILA
KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
1. Mengembangkan
perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana
kekeluargaan dan gotong-royong.
2. Bersikap
adil.
3. Menjaga
keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4. Menghormati
hak-hak orang lain.
5. Suka memberi
pertolongan kepada orang lain.
6. Menjauhi
sikap pemerasan terhadap orang lain.
7. Tidak
bersifat boros.
8. Tidak
bergaya hidup mewah.
9. Tidak
melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
10. Suka bekerja
keras.
11. Menghargai
hasil karya orang lain.
12. Bersama-sama
berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilansosial.
SOAL-SOAL!!
SOAL-SOAL!!
1. Yang dimaksud Pancasila sebagai sumber nilai adalah ...
A. Kehidupan bangsa indonesiai tu harus sesuai dengan kepribadiannya
B. Keberhasilan kemajuan bangsa Indonesia diukur dengan
kepribadiannya.......
C. Yang menjadi sumber ukuran baik atau buruk adalah kepribadiannya.......
D. Masyarakat Indonesia yang maju adalah yang tinggi inteleknya..
E. Selalu menunjukkan bangsa dan negaranya.
2. Pancasila sebagai paradigma pembangunan maksudnya......
A. Bangsa Indonesia maju dan mampu bersaing dengan bangsa lain.......
B. Menciptakan kondisi bangsa Indonesia sesuai dengan kepribadiannya......
C. Ukuran keberhasilan pembangunan adalah penyerapan tekhnologi......
D. Pembangunan
yang dilaksanakan mengacu pada standar nilai yaitu Pancasila......
E. Pembangunan itu harus mampu menyerap tenaga kerja dan tekhnologi.
3. Bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa
lain. Hal ini sesuai dengan kertangka pikir Pancasila sebagai......
A.
Dasar negara......
B. Pandanagan hidup Bangsa......
C.
Jiwa dan kepribadian bangsa..........
D. Pedoman bangsa Indonesia......
E. Perjanjian luhur bangsa Indonesia
.
4. Pancasila sebagai dasar Negara secara yuridis konstitusional tercantum
dalam pembukaan UUD 1945, merupakan............
A. Idiologi terbuka......
B.
Sumber dari hukum....
C.
Pemersatu bangsa.........
D. Kepribadian bangsa..........
E.
Cita-cita bangsa.
5. Rumusan Pancasila Menururt Piagam Jakarta pada sila pertamanya tidak
mencerminkan idiologi terbuka karena tidak sesuai dengan realita atau kenyataan
dari pluralitas agama yang dipeluk masyarakat Indonesia. Pada sila
pertama tersebut hanya merangkul agama....
A. Islam saja
B. Kristen saja.
C. Hindu saja.
D. Buddha saja..
E. Kepercayaan saja.
6 Suatu model atau pola berpikir sebagai upaya untuk melaksanakan perubahan
yang direncanakan disebut.....
A. Strategi
pembangunan
B. Pola pembangunan....
C. Upaya pembangunan
D. Paradigma pembangunan.
E. Rencana Pembangunan.
7. Agar kita memiliki keyakinan akan sesuatu tugas, kita harus ………..
A. Mengetahui jenis tugas tersebut
B. Mengetahui kapan melaksankan tugas tersebut
C.
Memahami dengan baik tugas tersebut
D.
Mengetahui
bagaimana melaksanakan tugas dengan baik
E.
Harus mempelajarinya terlebih dahulu
8.Orang yang
berwawasan luas, akan merasa dirinya …………..
A. Lebih pintar dari orang lain
B. Mengetahuii segalanya
C. Masih banyak kekurangan dibandingkan dengan orang lain
D. Telah mampu melakukan segala sesuatu dengan baik
A. Lebih pintar dari orang lain
B. Mengetahuii segalanya
C. Masih banyak kekurangan dibandingkan dengan orang lain
D. Telah mampu melakukan segala sesuatu dengan baik
E. Merasa hebat
dan cepat puas
9 Taat tehadap
Tuhan yang Maha Esa harus ditunjukan dengan ……….
A. Mendengarkan semua perintah dan menjauhi larangan Nya
B. Melaksanakan semua perintah dengan rasa takut
C. Melaksanakan semua perintah karena dimarahi orang tua
D. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya dengan Ikhlas
A. Mendengarkan semua perintah dan menjauhi larangan Nya
B. Melaksanakan semua perintah dengan rasa takut
C. Melaksanakan semua perintah karena dimarahi orang tua
D. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya dengan Ikhlas
E. melaksanakan perintah jika ingat
10. Bila dalam
perjalanan tiba saatnya beribadah, tindakan yang tepat adalah …….
A. Mencari tempat Ibdah dan melaksanakannya
B. Menangguhkan Ibadah sampai tiba di tujuan
C. Tidak perlu ibadah karna dalam perjalanan
D. Beristirahat saja untuk menghormati waktu ibadah.
A. Mencari tempat Ibdah dan melaksanakannya
B. Menangguhkan Ibadah sampai tiba di tujuan
C. Tidak perlu ibadah karna dalam perjalanan
D. Beristirahat saja untuk menghormati waktu ibadah.
E. berdiam diri
11. Taat terhadap
Tuhan Yang Maha Esa, dapat diwujudkan dengan sikap …
A. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan
B. Menciptakan hubungan baik dengan sesama manusia
C. Mempelajari ajaran – ajaran agama
D. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan dan sesama manusia
A. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan
B. Menciptakan hubungan baik dengan sesama manusia
C. Mempelajari ajaran – ajaran agama
D. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan dan sesama manusia
E. Menciptakan hbungan saling tolong-menolong
12. Kesalahan
dalam melakukan ibdah dapat dilakukan oleh orang yang …………
A. Malas
B. Tidak taat
C. Tidak berilmu
D. Bodoh
A. Malas
B. Tidak taat
C. Tidak berilmu
D. Bodoh
E. Tidak tau diri
13. Mengasihi
anak yatim dan membantu korban bencana alam termasuk perbuatan …..
A. Yang Patut dibanggakan
B. Mulia
C. Patut mendapat pujian
D. Baik dan berpahala
A. Yang Patut dibanggakan
B. Mulia
C. Patut mendapat pujian
D. Baik dan berpahala
E. Patut disombongkan
14. Nilai adalah ide tentang apa yang baik,benar,bijaksana dan apa yang
berguna, pengertian ini menurut . . . .
A.Kamus ilmiah popular
B. kamus indonesia
C.kamus sastra
D. kamus india
E. kamus budaya
15.
|
Salah satu alat kelengkapan manusia dalam menilai adalah rasio,yang melahirkan nilai ....
|
A. Benaratausalah
B. Semaunya
C. Anarkisme
D. Rasional
E. pancasila
16.
|
Pancasila merupakan niali positif, karena pancasila segala sesuatu yang . . . .
|
A.Baik dan benar dalam kehidupan manusia
B. Egois
dalam lingungan
C.Hidup
secara individual
D.Kekeluargaan
E.Hidup
berdampingan
17. Segala sesuatu yang baik melahirkan nilai . . . .
A. Moral
|
B.estetika
C.sosial
D. budaya
E. keamanan
|
18.Segalasesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia atau kebutuhan material ragawi manusia adalah . . . .
A.
Nilai
estetika
B.
Nilai ekonomi
C.
Nilai sosial
D. Nilai material
E.
Nilai budaya
19.Pancasila adalah sumber nilai mengandung makna, pancasila sebagai . . . .
A.
Peran negara
B.
Tolak ukur berarti atau tidak nya suatu pengalaman
C.
analisis
negara
D.
badan negara
E.
dasar negara
20.Keterikatan pancasila dan paradigma pembangunan adalah . . . .
A.
pancasila
sebagai dasar negara
B. pancasila sebagai ideologi bangsa
C. pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
E. Pancasila adalah paradigm pembangunan indonesia
Tugas 3 : Sikap positif dan negatif terhadpa pancasila
sebagai ideologi terbuka
NO
|
SIKAP POSITIF TERHADAP
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
|
SIKAP NEGATIF TERHADAP
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
|
1
|
Mengamalkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
1 Menyepelekan pancasila
sebagai ideologi negara
|
2
|
Melaksanakan ibadah agama
tepat waktu
|
2. Menyebarkan ideologi lain
untuk menghancurkan ideologi Pancasila
|
3
|
Saling tolong menolong antar
sesama manusia
|
3. Tidak mau mengamalkan
nilai-nilai pancasila
|
4
|
Mau bergaul dengan siapa saja
tanpa membedakan SARA
|
4. tidak mau mempelajari
nilai-nilai pancasila
|
5
|
Tidak memaksakan kehendak
dalam kepentingan bersama
|
5. tidak mematuhi norma-norma
dalam pancasila
|
6
|
Tidak memaksakan kehendak
dalam kepentingan bersama
|
6. Menyalah gunakan nilai
dalam pancasila
|
7
|
Bersikap kritis dan memiliki
kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara supaya
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
7. Tidak peduli pada Pancasila
|
8
|
Turut mempertahankan kelestarian
ideologi Pancasila
|
8.tidak mempertahankan kelestarian ideologi
Pancasila
|
9
|
Menolak ideologi lain yang
bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila
|
9.menerima ideologi lain yang bertentangan dengan
nilai-nilai Pancasila
|
10
|
Menerima Pancasila sebagai dasar
negara,ideologi bangsa dan pandangan hidup bangsa.
|
10. menolak Pancasila sebagai
dasar negara,ideologi bangsa dan pandangan hidup bangsa.
|
11
|
Menghayati dan mempelajari
nilai-nilai yang terkandung alam Pancasila
|
11. tidak Menghayati dan
mempelajari nilai-nilai yang terkandung alam Pancasila
|
12
|
Memperdalam ajaran agama
melalui ceramah keagamaan, pendidikan agama
|
12. tidak mau Memperdalam
ajaran agama melalui ceramah keagamaan, pendidikan agama
|
13
|
Selalu berdoa setiap memulai
dan mengakhiri suatu pekerjaan/kegiatan
|
13, tidak Selalu berdoa setiap
memulai dan mengakhiri suatu pekerjaan/kegiatan
|
14
|
Menghormati pemeluk agama lain
|
14.tidak mau Menghormati pemeluk agama lain
|
15
|
Memelihara kebersihan dan
kemakmuran sarana peribadatan.
|
15. Tidak Memelihara kebersihan
dan kemakmuran sarana peribadatan.
|
16
|
Saling mencintai dan
menghargai antar sesama manusia
|
16. Tidak Saling mencintai dan
menghargai antar sesama manusia
|
17
|
Menghormati hak-hak dan
kebebasan orang lain
|
17. Tidak Menghormati hak-hak
dan kebebasan orang lain
|
18
|
Menjunjung tinggi dan mentaati
peraturan/norma yang berlaku
|
18. Tidak Menjunjung tinggi
dan mentaati peraturan/norma yang berlaku
|
19
|
Gemar melakukan
kegiatan-kegiatan sosial,menyantuni fakir miskin/anak yatim
|
19. Tak Gemar melakukan kegiatan-kegiatan
sosial,menyantuni fakir miskin/anak yatim
|
20
|
Membina kesadaran Ketahanan
Nasional
|
20. Tidak mau Membina
kesadaran Ketahanan Nasional
|
21
|
Selalu mendahulukan
kepentingan umum diatas kepentingan pribadi/golongan
|
21. Tidak mau mendahulukan kepentingan umum diatas
kepentingan pribadi/golongan
|
22
|
Turut menjaga rasa
kekeluargaan dan keharmonisan keluarga,lingkungan masyarakat,sekolah
|
22. Tidak mau menjaga rasa kekeluargaan dan
keharmonisan keluarga,lingkungan masyarakat,sekolah
|
23
|
Menghormati lambang-lambang
identitas nasional seperti lambang negara,lagu kebangsaan,bendera nasional,
mata uang dll
|
23. Tidak mau Menghormati
lambang-lambang identitas nasional seperti lambang negara,lagu
kebangsaan,bendera nasional, mata uang dll
|
24
|
Menggunakan produk dalam
negeri
|
24. Tidak Menggunakan produk
dalam negeri
|
25
|
Mengutamakan
musyawarah/diskusi dalam setiap mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
|
25. Tidak Mengutamakan
musyawarah/diskusi dalam setiap mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
|
26
|
Turut serta melaksanakan
danmensukseskan emilihan pemimpin organisasi,pengurus kelas,pengurus
osis,RT,RW,Lurah/kepala desa,kepala daerah,presiden dll dengan jujur dan
bertanggung jawab.
|
26. Tidak Turut serta
melaksanakan danmensukseskan emilihan pemimpin organisasi,pengurus
kelas,pengurus osis,RT,RW,Lurah/kepala desa,kepala daerah,presiden dll dengan
jujur dan bertanggung jawab.
|
27
|
Selalu berhemat dalam setiap
penggunaan kebutuhan hidup
|
27. Tidak mau berhemat dalam
setiap penggunaan kebutuhan hidup
|
28
|
Berupaya bekerja keras dalam
setiap penyelesaian tugas/pekerjaan
|
28. Tidak mau Berupaya bekerja
keras dalam setiap penyelesaian tugas/pekerjaan
|
29
|
menjadikan Pancasila sebagai
sumber dari segala sumber hukum
|
29. Tidak menjadikan Pancasila
sebagai sumber dari segala sumber hukum
|
30
|
Meningkakan pengertian
pemahaman dan penghayatan tentang pancasila melalui pendidikan
|
30. Tidak mau Meningkakan
pengertian pemahaman dan penghayatan tentang pancasila melalui pendidikan
|
31
|
Menanamkan nilai-nilai
pancasila melalui sekolah
|
31. tidak Menanamkan
nilai-nilai pancasila melalui sekolah
|
Tugas 4 : sepuluh sifat positif dan negatif saya terhadap
pancasila sebagai ideologi terbuka
NO
|
SIKAP
POSITIF
|
1
|
Sebagai muslim, saya berusaha untuk tidak meninggalkan sholat lima
waktu
|
2
|
Berusaha berkata jujur saat berkata
|
3
|
Mentaati peraturan di sekolah
|
4
|
Berusaha bertanggung jawab
|
5
|
Ikut berpartisipasi dengan kegiatan kelas
|
6
|
Membantu sesama manusia
|
7
|
Tidak memilih milih teman
|
8.
|
Selalu berhemat dalam kebutuhan hidup
|
9.
|
Selalu berdoa setiap melakukan pekerjaan
|
10.
|
Mengutamakan kepentingan bersama
|
●●●SOAL-SOAL●●●
1. pancasila merupakan hasil
kesepakatan bersama para pendiri bangsa yang kemudian sering di sebut sebagai
sebuah....
a. dasar negara
b. landasan iidil
c. ideologi negara
d. sumber hukum
e. perjanjian luhur
2. pada tanggal 14 juli 1945 Panitia Perancang Undang Undang Dasar melaporkan hasil kerjanya. Adapun hasil kerja Panitia Perancang Undang Undang Dasar ditunjukkan oleh kolom...
a. dasar negara
b. landasan iidil
c. ideologi negara
d. sumber hukum
e. perjanjian luhur
2. pada tanggal 14 juli 1945 Panitia Perancang Undang Undang Dasar melaporkan hasil kerjanya. Adapun hasil kerja Panitia Perancang Undang Undang Dasar ditunjukkan oleh kolom...
a.
|
·
Pernyataan Indonesia merdeka
·
Pembukaan undang undang
·
Undang undang dasar (batang tubuh)
|
b.
|
·
Pembahasan
dasar Negara
·
Pembentukan
konstitusi negara
·
Pernyataan
kemerdekaan indonesia
|
c.
|
·
Pengesahan
piagam Jakarta
·
Pembukaan
undang undang
·
Pembentukan
ppki
|
d.
|
·
Pembubaran
BPUPKI
·
Pembentukan
PPKI
·
Pernyataan
Indonesia merdeka
|
e.
|
·
Pembentukan
PPKI
·
Pernyataan
Indonesia merdeka
·
Pembukaan
undang undang
|
3. Pembukaan UUD 1945 mengandung rumusan dasar negara. Adapun rumusan dasar negara yang disetujui sebagai inti Pembukaan UUD 1945 adalah rumusan....
a. Ir. Soekarno
b. Muh yamin
c. mr. soepomo
d. panitia sembilan
e. UUD 1945
4. PPKI bertugas untuk melengkapi alat alat kelengkapan negara. Sebagai tindak lanjut, PPKI mengadakan sidang pada tanggal 18 agustus 1945. salah satu isis dari sidang tersebut adalah...
a. menyusun dasar negara indonesia
b. menyusun hukum dasar negara indonesia
c. membentuk rumusan pembukaan undang undang
d. menyusun pernyataan kemerdekaan indonesia
e. mengesahkan undang undang dasar republik indonesia
5. rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam...
a. pembukaan UUD 1945 alinea I
b. pembukaan uud 1945 alinea II
c. pembukaan uud 1945 alinea III
d. pembukaan uud 1945 alinea IV
e. piagam jakarta
6. pancasila sebagai dasar negara, nilai nilainya mampu mengikuti perkembangan masyarakat indonesia. hal ini karena pancasila merupakan...
a. hasil kristalisasi dari sistem nilai/budaya bangsa indonesia
b. hasil budaya manusia indonesia sejak lahirnya pancasila pada tanggal 1 juni 1945
c. hasil konsensus nasional para pemimpin bangsa indonesia
d. peninggalan budaya asli nenek moyang bangsa indonesia
e. peninggalan budaya asli hasil konsensus nasional para pemimpin bangsa
7. pasangan asal mula pancasila yang sesuai dengan keterangan dalam tabel ditunjukkan oleh...
Asal mula pancasila
|
||
Asal mula
|
keterangan
|
|
a.
|
Bahan
|
Nilai budaya bangsa
|
b.
|
Bentuk
|
Dasar
Negara yang sah
|
C.
|
Karya
|
Budaya
masyarakat
|
d.
|
Materi
|
Pengesahan
oleh PPKI
|
e.
|
tujuan
|
Rumusan
tokoh bangsa
|
8. dasar negara indonesia adalah pancasila. rumusan dan nama pancasila seperti yang tertuang dalam pembukaan uud 1945 menunjukkan asal mula...
a. bahan
b. bentuk
c. karya
d. tujuan
e. harapan
9. kandungan nilai nilai pancasila telah hidup dalam masyarakat indonesia jauh sebelum berdirinya negara indonesia. hal ini merupakan bentuk asas..
a. kemasyarakatan
b. kebudayaan
c. kedaerahan
d. kenegaraan
e. religius
10. seluruh tertib hukum yang ada di negara indonesia harus berdasarkan pancasila. hal ini menunjukkan kedudukan pancasila sebagai...
a. dasr negara
b. ideologi terbuka
c. pandangan hidup bangsa
d. jiwa dan kepribadian bangsa
e. sumber dari segala sumber hukum
11. perhatikan nilai nilai pancasila berikut!
- nilai kemanusiaan
- nilai persatuan
- nilai kerakyatan
- nilai keadilan
nilai nilai tersebut merupakan asal
mula pancasila secara...
a. tidak langsung
b. materialis
c. langsung
d. formalis
e. finalis
12. "...maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaandalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosialbagi seluruh rakyat Indonesia".
Cuplikan bunyi pembukaan UUD 1945 alinea IV tersebut merupakan awal mula pembentukan pancasila secara langsung, yaitu terdapat dalam kausa...
a. materialis
b. formalis
c. afisien
d. finalis
e. prima
13. pancasila sebagai ideologi tidak diciptakan oleh negara, tetapi tercipta dari hal hal berikut ini, kecuali..
a. ditemukan dalam sanubari rakyat indonesia
b. diciptakan oleh para penciri dan proklamator bangsa
c. dibuat oleh rakyat indonesia untuk pedoman hidup yang langgeng
d. digali dari harta kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakat indonesia sendiri
e. bersumber dari nilai nilai adat istiadat, budaya dan nilai religius yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat indonesia.
14. perhatikan gambar berikut!
[GAMBAR ORANG-ORANG BERGOTONG ROYONG]
Kegiatan pada gambar tersebut menunjukkan contoh penerapan pancasila sebagai...bangsa
a. dasar negara
b. ideologi negara
c. cita-cita bangsa
d. kepribadian bangsa
e. perjanjian luhur bangsa
15. seluruh proses penyelenggaraan negara harus berdasarkan pancasila. hal itu menunjukkan kedudukan pancasila sebagai...
a. dasar negara
b. ideologi terbuka
c. perjanjian luhur bangsa
d. pandangan hidup bangsa
e. jiwa dan kepribadian bangsa
16. Memilih milih teman dalam bersikap pilih kasih merupakan sifat . . . . terhadap sila ke.. . .
a. tidak langsung
b. materialis
c. langsung
d. formalis
e. finalis
12. "...maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaandalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosialbagi seluruh rakyat Indonesia".
Cuplikan bunyi pembukaan UUD 1945 alinea IV tersebut merupakan awal mula pembentukan pancasila secara langsung, yaitu terdapat dalam kausa...
a. materialis
b. formalis
c. afisien
d. finalis
e. prima
13. pancasila sebagai ideologi tidak diciptakan oleh negara, tetapi tercipta dari hal hal berikut ini, kecuali..
a. ditemukan dalam sanubari rakyat indonesia
b. diciptakan oleh para penciri dan proklamator bangsa
c. dibuat oleh rakyat indonesia untuk pedoman hidup yang langgeng
d. digali dari harta kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakat indonesia sendiri
e. bersumber dari nilai nilai adat istiadat, budaya dan nilai religius yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat indonesia.
14. perhatikan gambar berikut!
[GAMBAR ORANG-ORANG BERGOTONG ROYONG]
Kegiatan pada gambar tersebut menunjukkan contoh penerapan pancasila sebagai...bangsa
a. dasar negara
b. ideologi negara
c. cita-cita bangsa
d. kepribadian bangsa
e. perjanjian luhur bangsa
15. seluruh proses penyelenggaraan negara harus berdasarkan pancasila. hal itu menunjukkan kedudukan pancasila sebagai...
a. dasar negara
b. ideologi terbuka
c. perjanjian luhur bangsa
d. pandangan hidup bangsa
e. jiwa dan kepribadian bangsa
16. Memilih milih teman dalam bersikap pilih kasih merupakan sifat . . . . terhadap sila ke.. . .
a.
Positif,tiga
b.
Negatif,tiga
c.
Positif,dua
d. Negatif,dua
e.
Positif,lima
17. Menyelesaikan masalah secara
musyawarah mufakat merupakan perwujudan sikap positif terhadap pancasilasila ke . . . .
a.
Empat
b. Tiga
c.
Dua
d.
Lima
e.
Satu
18. Tidak pernah toleran dengan segala perbedaan
merupakan salah satu contoh sikap. . . .
a.
Obyektif
b. Pasif
c.
Subyektif
d. Positif
e.
Negatif
19. Bersikap egois tanpa memikirkan
orang lain merupakan sikap . . . .
a.
Positif
b. Obyektif
c.
Negatif
d. Subyektif
e.
Pasif
20. Bertanggun jawab atas setiap
amanah yang di berikan kepadanya merupakan . . . .
a.
Positif
b. Obyektif
c.
Negatif
d. Subyektif
e.
Pasif
221. Meninggalkan
shalat sebagai umatberagama islam merupakan sifat . . . .
a.
Positif
b. Obyektif
c.
Negatif
d. Subyektif
e.
Pasif
222. Substansi
hukum yang di kembangkan tidak sesuai dengan penjabaran sila-sila yang terkandung
dalam pancasila merupakan salahsatu contoh sikap . . . . terhadap pancasila
a.
Obyektif
b. Pasif
c.
Subyektif
d. Positif
e.
Negatif
223. Selalu
bersikap curang dalam mendapatkan kemenangan merupakan sifat . . . . terhadap
pancasila
a.
Negatif
b. Obyektif
c.
Positif
d. Pasif
e.
Subyektif
224. Menjadikan
pancasila sebagai kepribadian bangsa termasuk sifat . . . .
a.
Negatif
b. Obyektif
c.
Positif
d. Pasif
e.
Subyektif
225. Yang termasuk sifat negtif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka
adalah . . . .
A. Belajar dengan giat dan mencari
suatu inovasi baru
b. B Menghrmati sesama masyarakat walupun
berbeda agama
c. C Memiliki sifat toleransi yang tinggi
dengan sesama
d.
D. Menerima
suap untuk memebeli suatu keadilan
e. E. Bersikap jujur dalam setiap hal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar